faithfully yours. Powered by Blogger.
RSS

MUSEUM TOILET DI KOREA SELATAN

 

Apa yang anda pikirkan jika mendengar kata toilet? Yups…tempat yang jauh dari kesan bersih, kotor dan sebagian orang malah merasa jijik dengan toilet. Tapi apa jadinya jika sebuah museum dan tempat wisata?? Wah pasti seruu,,,Jika Anda tertarik, Anda bisa langsung terbang ke Suwon, Korea Selatan, karena taman hiburan bertema toilet telah resmi dibuka. Museum toilet itu memberikan banyak pengetahuan seputar asal-muasal toilet berdasarkan gambar yang diberi keterangan khusus disampingnya. Almarhum Sim Jae Duck merupakan orang yang berjasa dalam berdirinya museum toilet tersebut, sehingga Beliau mendapat julukan Mr Toilet, karena dedikasinya yang sangat besar terhadap toilet. 


Sim Jae Duck on a Toilet
Sim Jae Duck lahir di sebuah toilet pada 15 Januari 1939. Beliau mendapat julukan sebagai Gaeddong~yi (anak-anak yang lahir di toilet ) dan benar-benar menunjukkan kedekatannya dengan hal-hal berbau toilet selama masa hidupnya. Jae-Duck meninggal pada 14 Januari 2009, tepat sehari sebelum ulang tahunnya yang ke-70 karena kanker prostat yang sudah menyerangnya selama berbulan-bulan. Sebelum meninggal, beliau sempat membangun sebuah rumah toilet yang kini menjadi salah satu taman budaya di Korea. Taman ini menjadi taman pertama yang menggunakan toilet sebagai tema sebuah taman. Pada taman ini, Anda akan bisa merasakan sebuah suasana layaknya galeri museum yang memperlihatkan keadaan toilet dari zaman ke zaman. Selain galeri, Anda juga bisa melihat berbagai macam desain toilet, suvenir-suvenir berbentuk kotoran dan segala hal berbau toilet dipamerkan di sini. 


Didalam museum terdapat sentuhan-sentuhan humor yang ditampilkan adalah gambar-gambar yang menampilkan kelucuan akan toilet. Contohnya, Sebuah pameran seni pop menampilkan koleksi wanita dan tanda-tanda kamar pria dari seluruh dunia. Beberapa bentuk feminin dan maskulin digambarkan lebih anatomi yang benar daripada yang lain. Fitur yang paling wanita duduk dan berdiri manusia. Uniknya dari museum ini sebuah toilet akan membingkai headshot. Tekan tombol siram jika Anda tidak puas dengan gambar Anda. Ratusan jenis toilet di pamerkan dalam musem, seperti toilet dari masa Romawi, toilet masyarakat Eropa sampai dengan bentuk toilet tradisional yang digunakan oleh masyarakat Korea. Suwon memang bangga sekali akan warisan budaya mereka akan toilet. 



Setiap bulan, Suwon juga mengadakan Kontes Toilet Umum Terbersih untuk tempat makan, restoran dan layanan bisnis lainnya yang menyediakan toilet pada layanan bisnis mereka. Kesehatan, sanitasi, dan konservasi air merupakan penilaian penting pada kontes Toilet Umum Terbersih di Suwon. Kini, taman toilet di Suwon menjadi salah satu warisan budaya Korea selain Benteng Hwaseong, sebuah situs warisan dunia UNESCO yang berdiri pada abad ke-18. “Manusia cenderung melakukan sebagian besar pemikiran intensif mereka sambil duduk di toilet” adalah motto dari halaman situs kota mereka. 

Jae duck juga menyatakan kalau toilet merupakan tempat relaksasi, introspeksi, dan pusat kehidupan yang mewujudkan kebudayaan. Pengunjung yang datang juga akan mendapat kesempatan untuk menggunakan toilet asli untuk buang air. Tertarik pergi ke sana? 
 
 440-310 경기도 수원시 장안구 이목동 186-3 (186-3 Imok-Dong, Jangan-gu, Suwon, Korea 440-310)

 
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

jamal lewinsky said...

kalo ke Korea mau kesini ahh,, oh iya mau info tentang wisata Korea ke fanpage KTO indonesia aja tuh banyak lokasi wisata korea yang bagus2

Post a Comment

Twitter